Peluang dan Tantangan Civitas Akademika Kampus di Era Revolusi Industri 4.0

Diana, Hasna Hanifah, Nadya Nahdhah, Revasya Dwi, Sona Amalia dan Vini Virdiyanti.

Sabtu, 22 Oktober 2022

Sabtu, 22 Oktober 2022, Universitas Halim Sanusi mengadakan sebuah acara sarasehan yang bertajuk “Peluang dan Tantangan Civitas Akademika Kampus di Era Revolusi Industri 4.0”. Acara ini menghadirkan pembicara Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., CPE, seorang pakar dibidang Industrial Ergonomics, dan dihadiri oleh para mahasiswa, lembaga-lembaga, serta civitas akademika Universitas Halim Sanusi.

Prof. Yassierli memaparkan, perkembangan pesat teknologi di era 4.0, menuntut masyarakat, khususnya para civitas akademika untuk melek teknologi, mereka dituntut mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin, sehingga tidak semakin tertinggal dan tergilas oleh jaman. Masih menurutnya, Revolusi Industri itu memanfaatkan teknologi-teknologi 4.0 untuk mempercepat produksi industri. Oleh karena itu, ini menjadi tantangan bagi para civitas akademika, untuk menyesuaikan diri di era revolusi 4.0 ini, mereka harus memanfaatkan teknologi yang ada, untuk menambah wawasan, meningkatkan skill serta menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat, baik itu bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan masyarakat.

Selanjutnya disampaikan pula, pekerjaan-pekerjaan industri saat ini akan mengalami transformasi, kedepan hanya akan sedikit pekerjaan yang bersifat low skill serta pekerjaan fisik. Sehingga kampus harus menyiapkan skill yang spesifik bagi para lulusannya, agar mereka memiliki persiapan yang lebih baik dalam beradaptasi dan menghadapi berbagai peluang dan tantangan yang ada pada Revolusi industri 4.0. (RRN)



1 Komentar

Tinggalkan Balasan