Pencairan Program Beasiswa KIP Kuliah Mahasiswa Universitas Halim Sanusi

(Ari Rahmat Hidayat, Debi Fitria, Febby Fazar Rinzani, Muhammad Tizar Hambali, Rola Nonapia)

Senin, 14 November 2022, bertempat di Kampus Universitas Halim Sanusi telah diadakan pencairan Program Beasiswa dari pemerintah melalui Kemendibud, yaitu KIP kuliah. Pencairan beasiswa dilakukan melalui bantuan dari Bank BTN. Setiap mahasiswa masing-masing mendapat pencairan dana sebesar Rp.7.500.000 yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing.

Acara ini berlangsung selama 2 hari yaitu tgl 14 dan 15 November 2022, dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1 dan 2 untuk bergiliran melalui proses aktivasi kartu ATM BTN. Namun sebelum mahasiswa tersebut mencairkan uang KIP, terlebih dahulu para mahasiswa diberikan materi dan bimbingan tentang bagaimana cara mengelola uang dengan baik dan benar serta bagaimana cara memanfaatkan dana tersebut sebagai kebutuhan, investasi. Selain itu juga mahasiswa diberikan pengetahuan tentang cara untuk mengelola dengan baik agar dapat menjadi sebuah peluang usaha sehingga menghasilkan pendapatan tambahan bagi mahasiswa.

Program KIP Kuliah ini diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan pendidikan mahasiswa dan untuk biaya kebutuhan kuliah sehari-hari para mahasiswa tersebut. Selanjutnya sebagian dari dananya mahasiswa gunakan untuk melunasi biaya jas almamater.


Beberapa mahasiswa, mengungkapkan bahwa dengan adanya bantuan ini sangat membantu mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi agar dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang Univeristas. Vini Virdiyanti, salah satu mahasiswa penerima program beasiswa ini menyatakan bahwa dengan beasiswa ini, mahasiswa harus mampu memanfaatkan dan mengelola dengan baik agar cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan beberapa bulan kedepan, “Harus banyak bersyukur, pinter bagi keuangan, kalau kitanya tidak bisa ngelola uangnya dengan baik, bakal cepat habis”, tambahnya.



Tinggalkan Balasan