Mahasiswa Halim Sanusi Tinjau Langsung Lokasi Gempa Cianjur

Kamis, 1 Desember 2022.

Annisa Nurpadillah, Muhammad Fathan Rizqy, Nadya Nahdhah Silmy, Vini Virdiyanti, & Sona Amelia.

Setelah melaksanakan aksi pengumpulan donasi beberapa hari sebelumnya. Minggu, 27 November 2022, perwakilan relawan mahasiswa Universitas Halim Sanusi Bandung, turun langsung meninjau lokasi Gempa. Relawan menyalurkan donasi ke desa Cikanyere, kecamatan Sukaresmi yang berlokasi di daerah Kabupaten Cianjur. Para relawan dari UHS bertemu dan berdiskusi dengan Koordinator lapangan pembagian donasi serta warga yang turut menjadi korban.

Selain menyebabkan rusaknya bangunan rumah, sekolah, dan fasilitas lainnya. Gempa juga menyebabkan trauma, warga khawatir akan adanya gempa susulan. Kondisi psikologis ini yang perlu diperhatian selain tentunya kebutuhan pokok sehari-hari. Para mahasiswa mencoba sedikit membantu meringankan kondisi psikologis warga dengan mendengar keluh kesah mereka serta ikut mengajak anak-anak untuk bermain agar dapat sejenak menghilangkan kesedihannya.

Warga yang rumahnya rusak terdampak gempa, menyatakan sulit untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Selain itu beberapa warga juga membutuhkan tim medis dan obat-obatan, karena tidak sedikit warga yang memiliki riwayat penyakit. Bantuan dari beberapa pihak relawan untuk warga yang terkena bencana sudah ditangani oleh ketua RT dan RW setempat, setiap posko mendapat bantuannya masing-masing.

Warga mengharapkan penyaluran donasi lebih merata, karena cenderung masih terpusat di titik pusat utama gempa. Selain itu pemerintah dan para relawan. diharapkan juga dapat membantu psikologis warga khususnya anak-anak, karena peristiwa ini meninggalkan bekas trauma yang mendalam. Kebutuhan pokok untuk warga hingga beberapa saat dapat dikatakan masih aman.

Tetapi warga juga berharap adanya perhatian terkait situasi pasca gempa, mereka khawatir ketika donasi mulai berhenti, warga mengalami kesusahan. Terlebih rumah-rumah mereka yang hancur harus dibangun lagi, dengan pondasi yang memenuhi standar pemerintah, sehingga berharap ada bantuan dari pemerintah. (RRN)



Tinggalkan Balasan