Kegiatan Co-Curricular dengan Tema Sukses Belajar di Perguruan Tinggi Bersama Halim Sanusi University

Sabtu 17 Desember 2022

Alpina Nuraeni, Hafidah Rismayanti, Ira Nur Azizah

Universitas Halim Sanusi menetapkan peraturan, bahwa setiap mahasiswa harus memiliki Surat Keterangan Pelengkap Ijazah (SKPI). Maka dari itu, pada hari Sabtu 17 Desember 2022 pukul 08.00 WIB, Universitas Halim Sanusi mengadakan kegiatan co-curricular dengan tema Sukses Belajar Di Perguruan Tinggi.

Kegiatan tersebut diisi oleh beberapa pemateri, diantaranya Dr. Cukup Mulyana yang memberikan materi Goals Setting Mahasiswa dan Mufti Hidayat dengan tema materi Critical Thinking. Sementara yang menjadi moderator adalah Dosen Prodi Komunikasi, yaitu Asmarandani Haryadi P., S.Sos., M.Sos dan Mira Renata, S.Sos., M.I.Kom.

Kegiatan ini sangat memotivasi mahasiswa untuk meraih prestasi belajar saat perkuliahan di Perguruan Tinggi, maupun dimasa yang akan mendatang. Beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri, seperti yang di ajukan oleh Tedi Supriyadi Prodi Agroteknologi yaitu tentang bagaimana cara membuat goals setting jangka panjang. Dr. Cukup Mulyana menjelaskan bahwa salah satu kelemahan mahasiswa adalah seringkali memperhatikan tujuan yang pendek dan mendadak. Hal ini terjadi karena ketidaktahuannya. Cara menentukan goals setting dapat dilakukan dengan kesadaran diri dari mahasiswa harus mampu memilih, memilah dan mengolah informasi yang diperoleh dengan baik dan tekun serta membutuhkan proses yang berkesinambungan.

Sementara itu, pada tema critical thinking, Muhammad yusuf Kamal mahasiswa prodi manajemen bertanya tentang banyak beredarnya Informasi hoaks. Mahasiswa dituntut harus cerdas dan mampu memverifikasi berbagai informasi yang diperoleh, apalagi di era digital saat ini, infromasi cenderung overload, mudah tersebarnnya berita-berita hoax.

Mufti Hidayat menjelaskan bahwa mahasiswa jangan hanya mencari berbagai informasi di seach engine semata seperti google, tetapi harus mencari juga informasi ditempat lain, semisal dari perpustakaan atau berasal pengalaman dengan banyak orang, semakin banyak informasi yg didapat akan semakin mudah mengumpulkan data yang relevan. Kemampuan dan kecakapan ini dikenal dengan istilah literasi. Literasi adalah kemampuan, kecakapan, atau keterampilan yang dimiliki seseorang, bukan hanya kemampuan menulis, membaca dan memperoleh pengetahuan semata, melainkan juga kemampuan untuk mengasah ketrampilan berfikir kritis terhadap permasalahan yang ada. (RRN)



Tinggalkan Balasan