Bandung, 14 November 2024.
Erwin Firmansyah, Rahmat Abdullah Fatih, Ranti Restiawati, & Sabian Rega Nafisa.
Sejumlah mahasiswa Program Studi Komunikasi Universitas Islam Bandung ikut serta dalam acara webinar bertajuk “Strategi Manajemen Reputasi: Kupas Tuntas Urgensi Manajemen Reputasi, Strategi PR, Manajemen Krisis, Dan Etika dalam Manajemen Reputasi”, pada hari Rabu, 13 November 2024. Acara yang dilakukan secara daring via aplikasi Zoom ini diselenggarakan oleh Fikom Unisba. Diisi oleh para pemateri yang merupakan pakar dan praktisi dibidang Komunikasi, khususnya Public Relation.
Enam pemateri yang hadir yaitu Elliana Susan (Akademisi dan Praktisi Komunikasi), Bintang L. Sasongko (Expert Social Safe Guard Renewable Energy PT. Geodipa), Regista Adriarti (Project Manager Pop Creative Labs), Sena Senjani (Founder Asbhoel dan Entrepeneur), Pavita Sevilla (Praktisi Marketing Sales), dan Putri Wahyu Fatmawati (Pranata Humas Diskominfo Kab. Majalengka). Acara ini dibuka dengan opening speech oleh Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Unisba yaitu Prof. Dr. Ike Junita, T., M.Si., serta keynote speakers adalah Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Korwil Jabar sekaligus Dosen Komunikasi Unisba, Dr. Ani Yuningsih, M.Si.
Terdapat pemateri yang menarik perhatian mahasiswa ilmu komunikasi yaitu Eliana Susan beliau, yang membawakan materi yang tentang urgensi manajemen reputasi sebagai tujuan Corporate Public Relation. Selain itu, Sena Sejani seorang Entrepeneur, yang juga founder dari brand fashion lokal Kota Bandung “Asbhoel” turut menarik perhatian, yang membawakan materi tentang strategi distro Asbhoel dalam membangun reputasi nrand melalui Instagram.
Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat memberikan ilmu dan pengetahuan untuk generasi muda, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi, tentang bagaimana seluk beluk praktik-praktik kegiatan kehumasan. Seperti yang disampaikan oleh Robby Rachman Nurdiantara, salah satu dosen komunikasi UHS, “Melalui kegiatan ini, diharapkan teman-teman mahasiswa komunikasi dapat belajar tentang bagaimana praktik kegiatan humas dilakukan, dari para pakar dan praktisi komunikasi, karena kehumasan adalah bagian dari bidang ilmu komunikasi yang sedang dipelajari. Kegiatan ini juga merupakan variasi belajar selain belajar dikelas”, ujarnya. Dirinya juga menambahkan, kegiatan ini juga menjadi sarana belajar bagi mahasiswa bagaimana cara implementasi aktivitas-aktivitas kehumasan yang baik dan benar, sehingga kelak mahasiswa ketika sudah lulus, mampu menjadi seorang ahli dibidang komunikasi dan kehumasan.
Acara ini dihadiri oleh 200 lebih peserta dari termasuk mahasiswa komunikasi Universitas Halim Sanusi. Selain mahasiswa, khalayak umum turut pula mengikuti acara ini. Tak hanya itu peserta juga mendapatkan E-Sertifikat, yang nantinya dapat digunakan sebagai portofolio individu. Reward yang di berikan acara ini tidak hanya berupa E-Sertifikat, namun ada juga hadiah yang diberikan kepada peserta yang beruntung, berupa sejumlah uang berbentuk E-Wallet, dan produk dari brand lokal Asbhoel. Peserta yang beruntung salah satunya adalah mahasiswa Universitas Halim Sanusi, yaitu Dede Fitri. (RRN)