Komunikasi

  1. Era digital yang kini hadir di tengah kehidupan dewasa ini menuntut kemampuan komunikasi multifase, tidak hanya komunikasi lisan dan visual namun juga bentuk komunikasi antar teknologi konvensional dan digital.
  2. Program Studi Komunikasi UHS mempersiapkan kader-kader pembina umat untuk menjadi tenaga profesional dalam bidang komunikasi masa depan.

Visi Program Studi Komunakasi

Menjadikan program studi komunikasi yang Berkualitas dengan “mengintegrasikan Nilai-nilai Agama islam dengan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni di Bidang komunikasi” di Tingkat Nasional Pada Tahun 2030

Misi Program Studi Komunakasi

1. Menyelenggarakan Pendidikan tinggi untuk Para calon sarjana komunikasi dengan mengintegrasikan Bidang-Bidang keilmuan Komunikasi. (Humas, Jurnalistik dan Manajemen Komunikasi); nilai-nilai keagamaan; Teknologi; dan Seni serta Budaya.

2. Menyelenggarakan penelitian dan kajian ilmiah dalam konsteks komunikasi dalam memecahkan permasalahan di lingkungan masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, Budaya,Teknolodi dan Seni.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui program berbasis akademik, sebagai wujud dari pemahaman komunikasi secara teori dan aplikatif dalam rangka partisipasi dalam pembangunan nasional yang mencerdaskan kehidupan dan budaya bangsa demi terwujudnya masyarakat madani dan peradaban islami.

4. Mengembangkan Program studi komunikasi yang mampu bersaing, berprinsip, dan berkarakter dan berjiwa entrepreuneur.

Capaian Pembelajaran

1. PENGETAHUAN
  • a) Pengetahuan bidang komunikasi yang mencakup: prinsip dasar komunikasi, public relations, jurnalistik, komunikasi negosiasi, fotografi, manajemen komunikasi, komunikasi antar pribadi, komunikasi peruasif, komunikasi lintas budaya, komunikasi negosiasi dan psikologi komunikasi
  • b) Pengetahuan metodologi penelitian dan perancangan untuk bidang komunikasi.
  • c) Pengetahuan pendukung keilmuan komunikasi yang mencakup: teori komunikasi, psikologi persepsi, psikologi sosial, manajemen, sosiologi komunikasi, bahasa rupa, budaya visual, teori media, analisis visual, retorika visual, semiotika visual, generating idea.
2. KREATIVITAS
  • a) Memiliki ketrampilan dalam mengembangkan gagasan melalui pola pikir yang kreatif tetapi terstruktur dan terukur untuk memecahkan masalah komunikasi, melalui metode generating idea: brainstorming, mindmapping, maupun bite system.
  • b) Mampu memecahkan masalah komunikasi melalui pendekatan kreatif yang out of the box , baik yang bersifat gagasan, rancangan visual maupun aplikasi media dalam menyampaikan pesan.
3. KETERAMPILAN
  • a) Memiliki ketrampilan dalam berbicara di depan umum, mengolah kalimat menjadi menarik, mengemas setiap kalimat yang akan di ucapkan, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan lain-lain.
  • b) Mampu merancang dengan dukungan ketrampilan dalam berbicara, fotografi, jurnalistik, menulis dan membuat sebuah laporan dalam setiap kegiatan, serta dapat membantu memperbaiki citra dari inividu atau pun sebuah perusahan.
  • c) Mampu mengoperasikan teknologi berupa perangkat analog maupun digital serta tanggap terhadap perkembangannya guna mendukung dalam memuat karya dalam semua aspek komunikasi.

4. KOMPETENSI PENDUKUNG
  • a) Mampu bekerjasama dan berorganisasi
  • b) Mampu berwirausaha secara mandiri
5. KOMPETENSI

• Soft Skill :

  • a) Mampu berkomunikasi dan mengemukakan pendapat.
  • b) Mampu menulis dengan baik (terorganisasi dan mudah dimengerti).
  • c) Mampu menganalisa dan berpikir kritis.
  • d) Terampil berkomunikasi dalam bahasa asing.

Kurikulum Program Studi Komunikasi

Semester 1
  1. Pendidikan Agama Islam 2 SKS
  2. B. Indonesia 2 SKS
  3. English For Communication I 2 SKS
  4. Pengantar Ilmu Komunikasi 3 SKS
  5. Pengantar Ilmu Jurnalistik 3 SKS
  6. Pengantar Ilmu Ekonomi 2 SKS
  7. Pengantar Public Relations 3 SKS
  8. Hukum & Etika Komunikasi 3 SKS
Semester 2
  1. B. Arab 2 SKS
  2. English For Communication II 2 SKS
  3. Komunikasi Lintas Budaya 2 SKS
  4. Dasar-Dasar Manajemen 2 SKS
  5. Pengantar Ilmu Politik 3 SKS
  6. Filsafat Komunikasi 2 SKS
  7. Psikologi Komunikasi 2 SKS
  8. Sosiologi Komunikasi 3 SKS
  9. Komunikasi Digital 3 SKS
Semester 3
  1. KWU I (Enrepreneurship &Innovation) 2 SKS
  2. Konsep Teknologi 2 SKS
  3. Cyber Media 2 SKS
  4. Kewarganegaraan 2 SKS
  5. Mice Communication 2 SKS
  6. Komunikasi Persuasif 2 SKS
  7. Teknik Lobi dan Negosiasi 2 SKS
  8. Manajemen Public Relations 3 SKS
  9. Communication Theory 3 SKS
Semester 4
  1. Komunikasi Organisasi 2 SKS
  2. Penulisan Berita & Artikel Features 2 SKS
  3. Script Writing (Radio & TV) 2 SKS
  4. Speech Persentation (Skill & Protokoler) 3 SKS
  5. Produksi Acara TV & Radio 3 SKS
  6. Opini Publik 3 SKS
  7. Komunikasi Antar Pribadi 2 SKS
  8. Manajemen & Marketing Komunikasi Pemasaran 2 SKS
  9. Jurnalistik Media & Cetak 2 SKS
Semester 5
  1. Techno & Creative Preneurship 2 SKS
  2. Komunikasi Massa 2 SKS
  3. Komunikasi Politik 2 SKS
  4. PR Writing 2 SKS
  5. E-Commerce 2 SKS
  6. Komunikasi Perubahan Sosial 2 SKS
  7. Kampanye Propaganda 2 SKS
  8. Fotografi Jurnalistik 3 SKS
  9. Manajemen Produksi TV & Penyiaran 2 SKS
  10. MPK I 2 SKS
Semester 6
  1. Statistik Sosial 2 SKS
  2. Produksi Media & Riset PR 3 SKS
  3. Retorika dan Teknik Komunikasi 3 SKS
  4. MPK II 2 SKS
  5. Creative Marketing & Media 3 SKS
  6. Proposal Kegiatan Kehumasan 2 SKS
  7. Teknik Kamera Elektronik 3 SKS
  8. Teknik Reportase dan Wawancara 2 SKS
Semester 7
  1. Seminar dan Teknik Penulisan Komunikasi 2 SKS
  2. KKN 2 SKS
  3. Krisis & Strategi PR 3 SKS
  4. Komunikasi Bisnis & Riset Pemasaran 3 SKS
  5. Literasi Informasi & Media 3 SKS
  6. Jurnalistik TV & Radio 3 SKS
Semester 8
  1. Skripsi / Tugas Akhir  6 SKS

Staff Pengajar Program Studi Komunikasi

Ketua Program Studi Komunikasi

Taufiq Furqon Nurhakim, S.I.Kom., M.I.Kom

Herry Setianto W, S.I.Kom., M.I.Kom

Mira Renata, S.Sos.,M.I.Kom

Yupitriani, S.Kom.I., M.I.Kom

Asmarandhani Heryadi P, S.Sos.,M.Sos

Yuni YuniarAtmaja, S.I.Kom.,M.I.Kom

WendaIfani Hamidah, S.Pus.,M.I.Kom

Robby Rachman, S.I.Kom.,M.I.Kom

Ari Nugraha, M.Pd

Fasilitas Program Studi Komunikasi

  1. Laboratorium Komputer
  2. Perpustakaan
  3. Ruang Kuliah
  4. Mushola
  5. Laboratorium Podcast (On Proccess )
  6. Laboratorium Fotografi ( On Proccess)

LAPANGAN KERJA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI

  1. Broadcaster / Tenaga di dunia penyiaran
  2. Jurnalis
  3. Announcer dan presenter
  4. Master of Ceremony (MC)
  5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
  6. Event Organizer
  7. Praktisi periklanan / Advertising 
  8. Marketing Communications