“Menjadikan Program Studi Komunikasi yang unggul dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang komunikasi di Tingkat Nasional Pada Tahun 2030”
1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi untuk Para calon Sarjana Komunikasi dengan mengintegrasikan bidang-bidang keilmuan Komunikasi, seperti Hubungan Masyarakat (Humas), Jurnalistik, Manajemen Komunikasi dan Komunikasi Digital, dengan nilai-nilai Agama Islam, Teknologi, dan Seni serta Budaya.
2. Menyelenggarakan penelitian dan kajian ilmiah dalam konteks komunikasi dalam memecahkan permasalahan di lingkungan masyarakat untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Budaya, Teknologi dan Seni.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program-program berbasis akademik yang mengaplikasikan teori dan praktik komunikasi, dalam rangka mendukung pembangunan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan masyarakat madani berlandaskan nilai-nilai Islam.
4. Mengembangkan Program Studi Komunikasi yang kompetitif, berkarakter, berprinsip, dan berjiwa kewirausahaan untuk mencetak lulusan yang unggul dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Pengetahuan bidang komunikasi: Meliputi prinsip dasar komunikasi, hubungan masyarakat (public relations), jurnalistik, komunikasi negosiasi, fotografi, manajemen komunikasi, komunikasi antarpribadi, komunikasi persuasif, komunikasi lintas budaya, komunikasi negosiasi, komunikasi digital dan psikologi komunikasi serta bidang komunikasi lainnya.
Pengetahuan metodologi penelitian: Meliputi metodologi penelitian dan perancangan yang relevan untuk pengembangan bidang komunikasi.
Pengetahuan pendukung keilmuan komunikasi: Mencakup teori komunikasi, psikologi persepsi, psikologi sosial, manajemen, sosiologi komunikasi, bahasa rupa, budaya visual, teori media, analisis visual, retorika visual, semiotika visual, dan teknik generating idea serta pengetahuan pendukung lainnya.
Memiliki keterampilan dalam mengembangkan gagasan melalui pola pikir kreatif, terstruktur, dan terukur untuk memecahkan masalah komunikasi, menggunakan metode generating idea seperti brainstorming, mind mapping, dan bite system.
Memiliki keterampilan dalam berbicara di depan umum (public speaking), mengolah kalimat agar menarik, mengemas setiap kalimat dengan baik, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan kemampuan komunikasi lainnya.
Mampu merancang, didukung dengan keterampilan berbicara, fotografi, jurnalistik, menulis, serta menyusun laporan untuk setiap kegiatan, dan dapat membantu memperbaiki citra individu maupun perusahaan.
Mampu mengoperasikan perangkat teknologi analog maupun digital dan tanggap terhadap perkembangan teknologi tersebut untuk mendukung pembuatan karya dalam berbagai aspek komunikasi.
Mampu bekerja sama dalam tim dan berorganisasi dengan baik.
Mampu berwirausaha secara mandiri dan mengelola usaha dengan efektif.
Mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan profesional yang dinamis dan terus berkembang.
Mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak, baik secara lisan maupun tulisan, dalam berbagai situasi dan konteks.
Mampu mengelola proyek komunikasi dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
Mampu berpikir kritis dan analitis dalam memecahkan masalah komunikasi yang kompleks.
Mampu mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi.
Mampu menggunakan teknologi komunikasi modern untuk mendukung kegiatan komunikasi, baik dalam pembuatan konten, penyampaian pesan, maupun analisis data.
Mampu berperan aktif dalam mempromosikan nilai-nilai etika dan tanggung jawab sosial dalam praktik komunikasi.
Mampu mengelola dan mengoptimalkan sumber daya komunikasi untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam organisasi atau proyek komunikasi.
Mampu menulis dengan baik, dengan secara terstruktur, terorganisasi, dan jelas, serta mudah dimengerti dalam berbagai format tulisan, seperti artikel, laporan, esai dan lain sebagainya.
Terampil berkomunikasi baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa asing, yang ditunjukkan dengan kemampuan berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, sesuai dengan kebutuhan profesional.
Mampu mengoperasikan perangkat lunak bidang komunikasi dan media digital seperti fotografi, videografi, aplikasi desain grafis, pengeditan video, perangkat lunak presentasi, dan manajemen media sosial).
Mampu mengelola dan menganalisis data dengan menggunakan perangkat lunak analisis data, seperti Excel, SPSS, atau alat analisis media sosial.
Mampu membuat dan menyusun laporan profesional dengan menggunakan format yang sesuai untuk laporan penelitian, evaluasi proyek, atau laporan bisnis.
Mampu berkomunikasi dan mengemukakan pendapat dengan jelas efektif dan persuasif.
Mampu menganalisa dan berpikir kritis dalam situasi yang kompleks.
Mampu bekerja sama dalam tim dengan berkolaborasi secara efektif dan mendengarkan pendapat orang lain.
Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi tantangan dalam lingkungan kerja yang dinamis.
Staff Dosen
Kaprodi Komunikasi
Dosen Komunikasi
Dosen Komunikasi
Dosen Komunikasi
Dosen Komunikasi