Hima PUI UHS

Logo Hima PUI

Mahasiswa adalah kaum intelektual dan generasi enerjik yang menempati posisi strategis sebagai generasi penerus kepemimpinan bangsa, serta merupakan agent social of change dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Mahasiswa merupakan garda depan dan pelopor setiap perubahan, teladan perjuangan, serta merupakan aset masa depan bangsa. Karena kaum Muslimin adalah bagian terbesar bangsa Indonesia, sehingga masa depan bangsa Indonesia akan banyak ditentukan oleh peran kaum muslimin. Oleh karena itu Mahasiswa Muslim adalah aset terbesar dari kaum muslimin, sehingga akan menentukan masa depan perlajanan bangsa & agama di negeri ini. Hal inilah yang menjadi dasar lahirnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Berawal dari sebuah diskusi terbuka oleh pemuda PUI yang di ikuti kalangan mahasiswa, yang membahas mengenai eksistensi ormas PUI, sebagai warisan berharga. Mengingat wadah ini sudah banyak memberikan konstribusi real terhadap kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia, terutama di bidang pendidikan. Oleh karena itu dalam rangka memelihara dan mengembangkan wadah perjuangan ini, maka dibentuklah wadah pengkaderan generasi muslim, menuju terciptanya generasi yang kokoh dan mandiri, yang diberinama : HIMPUNAN MAHASISWA PERSATUAN UMMAT ISLAM.

Terbentuknya wadah ini sebelumnya melalui berbagai forum bedah gagasan dikalangan mahasiswa muslim diberbagai kampus terutama di kampus-kampus PUI, setelah disepakati secara bulat tentang pentingnya wadah ini, maka diangkatlah wacana ini pada Muktamar I Pemuda PUI di Jakarta pada tanggal 8-11 Desember 2004. dengan demikian, secara de jure pada saat itu HIMA PUI yang merupakan wadah sentral kaderisasi mahasiswa muslim telah terbentuk, dengan semangat memperjuangkan tujuan PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI), yaitu: “Untuk mewujudkan individu, keluarga, masyarakat, budaya dan peradaban dunia yang diridhoi Allah SWT.” Kehadiran dan amaliah HIMA PUI adalah wujud ibadah yang ditujukan semata-mata hanya kepada Allah SWT. untuk mendapatkan ridla-Nya, dengan bermabda’ pada keikhlasan dan amaliyah ishlah serta semangat mahabbah yang terkandung dalam rumusan kalimat-kalimat INTISAB berikut:

بسـم الله الرّحمن الرّحيم

اشـهد أن لاا له الاّالله واشـهد أنّ محمّدارســول الله

الله غايـتناوالإخلا ص مبدؤنا والإصلاح سـبيلنا والمحبّة شـعارنا

نـعاهدالله على الصّدق والإخلا ص واليـقين وطلب رضى الله فى العمل بين عـباده بالتّوكّل عليه

بسـم الله الرّحمن الرّحيم

بسـم الله ولا حـول ولا قوّة إلآ با لله العلىّ العظيم الله اكـبر

Buka Whatsapp
Butuh bantuan?
Hello 👋
Can we help you?