Visi Misi dan Tujuan

Visi

Menjadikan perguran tinggi yang berkualitas dan unggul, yang mengintegrasikan ilmu agama Islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di tingkat nasional pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi sebagai proses pemahaman dan pengamalan agama Islam, ilmu pengetahuan teknologi dan seni dalam keterpaduan kompetensi akademik, intelektual, profesional, leadership, dan spriritual.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan kajian ilmiah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan nilai-nilai keagamaan untuk memenuhi hajat kehidupan ummat dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui program berbasis akademik, sebagai partisipasi dalam pembangunan mencerdaskan masyarakat dan budaya bangsa, demi terwujudnya masyarakat madani dan peradaban Islami.
  4. Mengembangkan perguruan tinggi sebagai lembaga yang berwawasan entrepreneur dalam menyelenggarakan program akademik dan efektif melayani kebutuhan masyarakat dan memperjuangkan kepentingan ummat,
  5. Megembangkan perguruan tinggi sebagai lembaga perjuangan ummat dengan menjalin kerjasama melalui sistem informasi manajemen dalam jejaring nasional dan global.

Tujuan

a. TujuanUniversitas Halim Sanusi memiliki tujuan umum :

  1. Berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentikan bangsa.
  2. Dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa.
  3. Dihasilkannya ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan ummat manusia.
  4. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

b. Universitas Halim Sanusi memiliki tujuan khusus :

  1. Dihasilkannya lulusan yang memiliki pemahaman dan penghayatan tentang ajaran Islam berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah secara terpadu dengan ilmu pengetahuan teknologi dan kebudayaan Indonesia, serta mampu mengamalkannya sebagai ulul albab, yakni ilmuwan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak karimah.
  2. Dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan nilai keagamaan melalui metode dan kaidah ilmiah secara teoritik dan aplikatif menuju kecerdasan kehidupan dan kebudayaan bangsa yang islami.
  3. Dihasilkannya lulusan yang mampu memecahkan permasalahan, melalui penelitian, pengkajian, dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah dan relevan dengan kondisi dan lingkungan masyarakat.
  4. Dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profersional dengan prinsip kemandirian dan jiwa kewirausahaan, melalui kegiatan dalam lapangan perbaikan kemasyarakatan dan ke ummatan.
  5. Dihasilkannya lulusan yang mempunyai wawasan keilmuan yang terpadu dan komprehensif antara iman dan taqwa dan ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta memiliki kemampuan menata kehidupan dalam tatanan masyarakat madani dan peradaban islami.
  6. Dihasilkannya lulusan yang memiliki semangat mujahadah dalam ber’ibadah, tarbiyah dan da’wah dengan amar ma’ruf nahi munkar yang isitiqomah dalam komitmen kepada Allah sebagai ghayah kehidupan, keikhlasan sebagai mabda, al-ishlah sebagai amaliyah, dan mahabbah sebagai lambang perjuangan.
  7. Dihasilkannya lulusan yang memiliki pemahamanan ajaran islam yang benar dalam ‘aqidah, syari’ah, dan akhlak, mampu mengembangkan sikap jihad, ijtihad, tajdid, dan tadbir yang bersungguh-sungguh dalam mengembangkan kesatuan imamah dan jama’ah untuk ‘izzul islam wal muslimin dan ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala.