Bandung, 4 Desember 2024
Sasi Halma Fuji Lestari, Muhammad Daffa Nurizki, Diyas Maulana, dan Gerald Pribadi Putra
Selasa, 3 Desember 2024, Dosen Prodi Komunikasi Universitas Halim Sanusi Bandung berkolaborasi dengan Teropong Media melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertema Kewirausahaan di SMAN 21 Bandung. Bertempat di SMAN 21 Bandung, Jl. Manjahlega No.30, Margasari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung.
Hadir pada kegiatan itu yaitu para Dosen Program Studi Komunikasi Universitas Halim Sanusi. Kegiatan ini dibuka oleh Robby Rachman Nurdiantara, kemudian sesi selanjutnya disi materi oleh Asmarandani Heryadi Putri, S.Sos., M.Sos., sebagai Dosen sekaligus Praktisi di Teropong Media, yang memberikan materi tentang wirausaha dibidang media digital. Sesi terakhir diisi oleh Herry Setianto Herry Setianto W., S.I.Kom., M.I.Kom yang memberikan materi tentang urgensi kepemimpinan dan pengorganisasian dalam kewirausahaan.
Robby Rachman Nurdiantara, S.I.Kom., M.I.Kom., Dosen Komunikasi UHS sekaligus Ketua PKM menyatakan, “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Prodi Komunikasi UHS, dengan mengintegrasikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka dengan tema Kewirausahaan”. Dirinya juga menambahkan, “Tema ini kemudian disesuaikan dengan bidang keahlian Dosen Komunikasi, yaitu bidang komunikasi, kepemimpinan, dan media, dengan melakukan kerjasama dengan usaha yang bergerak di bidang Media Massa Online yaitu Teropong Media. Sehingga kegiatan ini tercipta melibatkan kerjasama Prodi Komunikasi UHS, SMAN 21 Bandung dan Teropong Media, dengan memberikan bekal materi kewirausahaan di Bidang Media Massa Online”, ungkapnya.
Pada kegiatan ini siswa-siswi diberikan penjelasan tentang bagaimana langkah-langkah membangun usaha, bagaimana memunculkan ide usaha atau membaca peluang-peluang usaha di masa sekarang serta bagaimana membangun usaha secara kreatif dan inovatif. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti banyaknya siswa yang memberikan berbagai pertanyaan.
Dengan dilaksanakan kegiatan ini, para dosen Prodi Komunikasi Universitas Halim Sanusi Bandung dan Teropong Media, berharap muncul banyaknya pengusaha-pengusaha muda yang kreatif dan inovatif ditengah persaingan yang kompetitif di era digital saat ini. Selain itu semoga tercipta kerjasama secara berkesinambungan antara Sekolah Menengah, Perguruan Tinggi serta Pihak Industri, agar mampu mencetak generasi muda yang berkualitas dan berprestasi. (RRN)